Beranda Internasional Desakan Genjatan Senjata Tak Digubris, Israel Akan Melanjutkan Operasi Militer di Jalur...

Desakan Genjatan Senjata Tak Digubris, Israel Akan Melanjutkan Operasi Militer di Jalur Gaza

0
Israel Lanjutkan Operasi Militer di Gaza
Asap membumbung di Jalur Gaza yang terkena serangan rudal Israel (Foto: WAFA)

Di tengah desakan dunia internasional untuk genjatan senjata Perdana Menteri Benjamin Netanyahu mengatakan pada konferensi pers pada hari Rabu, Israel tetap akan melanjutkan operasi militernya di Jalur Gaza hingga kemenangan penuh, dan hal itu dapat dicapai dalam beberapa bulan.

“Kita berada di jalur menuju kemenangan penuh, dan itu sudah dekat. Kita sedang membicarakan hal ini dalam hitungan bulan, bukan tahun atau dekade. Pasukan Pertahanan Israel sedang melakukan keajaiban,” kata Netanyahu.

Baca juga: Menlu RI Retno Walk Out Saat Dubes Israel Pidato di DK PBB

Sebelumnya hari ini, Axios melaporkan mengutip seorang pejabat senior Israel, bahwa Menteri Pertahanan Israel Yoav Gallant telah memberi tahu Menteri Luar Negeri AS Antony Blinken bahwa Israel akan dipaksa untuk memperluas operasi militernya di Jalur Gaza setelah tanggapan Hamas terhadap perjanjian kerangka kerja tersebut. pada pertukaran tahanan.

Menurut Axios, Gallant mengatakan kepada Blinken bahwa Hamas telah merancang tanggapannya terhadap perjanjian tersebut dengan cara yang akan membuat Israel “ menolaknya ,” dan pada akhirnya memperluas operasi di lebih banyak wilayah di Jalur Gaza.

Di lansir Sputnik, perwakilan Hamas di Teheran, Khaled Qaddoumi, mengatakan pada hari Rabu bahwa kemungkinan perjanjian gencatan senjata di Jalur Gaza akan dilakukan secara bertahap dan akan bergantung pada tindakan Israel.

“Visi komprehensif dari implementasi perjanjian ini adalah bahwa hal itu akan dilakukan secara bertahap dan bergantung pada tindakan pihak lain. Setelah semua korban ini, mustahil untuk kembali ke [status quo] seperti sebelum 7 Oktober,” kata pejabat Hamas, seraya menambahkan bahwa kesepakatan gencatan senjata perlu mempertimbangkan situasi saat ini.

Pernyataan yang dibuat oleh para pemimpin Israel adalah “kebohongan” yang bertujuan untuk meningkatkan tekanan terhadap Palestina dan “mengganggu perjanjian,” kata perwakilan tersebut.

Tanggung jawab untuk pemulihan Jalur Gaza terletak pada Israel dan sekutunya, kata Qaddoumi.

Apa yang terjadi di konflik Hamas-Israel per Rabu, 7 Februari 2024

Melansir Aljazeera, berikut dampak krisis kamanusiaan akibat konflik Hamas-Israel per hari Rabu, 7 Februari 2024:

Israel Lanjutkan Operasi Militer di Gaza
Seorang pengungsi anak terlihat di tempat penampungan sementara di Kota Khan Younis, Jalur Gaza selatan, pada 13 November 2023. ANTARA/Xinhua/Rizek Abdeljawad.

Krisis kemanusiaan di Gaza

  • Setidaknya 107 warga Palestina tewas dan 143 lainnya terluka antara Senin dan Selasa, menurut Kementerian Kesehatan Gaza. Ini menjadikan jumlah korban tewas warga Palestina di Gaza menjadi 27.585 pada hari Selasa.
  • Kantor berita Palestina Wafa melaporkan pada hari Selasa bahwa enam warga sipil tewas dalam penembakan Israel yang menargetkan kendaraan mereka di lingkungan Khirbat al-Adas di kota Rafah, di Jalur Gaza selatan.
  • Masyarakat Bulan Sabit Merah Palestina mengatakan pada hari Selasa bahwa Rumah Sakit al-Amal di Khan Younis, yang berada di bawah pengepungan Israel selama dua minggu, menjadi sasaran pemboman dengan kekerasan dan tembakan terus menerus, yang menyebabkan pecahan peluru beterbangan ke rumah sakit.
  • Badan kemanusiaan PBB, OCHA, melaporkan bahwa mulai bulan Januari, kemampuan misi bantuan kemanusiaan untuk mengakses orang-orang yang sangat membutuhkan di Gaza semakin memburuk. Dari 61 misi yang direncanakan ke utara Gaza, 10 difasilitasi oleh Israel dan 34 lainnya tidak diberi akses.
  • Hingga hari Sabtu, UNRWA memperkirakan sekitar 75 persen dari 2,3 juta penduduk Gaza, lebih dari separuhnya adalah anak-anak, menjadi pengungsi.

Ketegangan dan diplomasi regional

  • Kementerian Luar Negeri Arab Saudi telah mengeluarkan pernyataan yang mengatakan pihaknya tidak akan menjalin hubungan diplomatik dengan Israel kecuali negara Palestina merdeka diakui berdasarkan perbatasan tahun 1967, dengan Yerusalem Timur sebagai ibu kotanya.
  • Komando Pusat AS (CENTCOM) memposting di X bahwa Houthi menembakkan enam rudal balistik antikapal ke arah selatan Laut Merah dan Teluk Aden. Tidak ada yang terluka dan hanya kerusakan kecil yang dilaporkan.
  • Dewan Perwakilan Rakyat AS telah menolak rancangan undang-undang yang diajukan Partai Republik untuk memberikan bantuan sebesar $17,6 miliar kepada Israel sebagai rancangan undang-undang bipartisan yang lebih luas dalam pemungutan suara pada hari Selasa.
  • Pada hari Selasa, Perdana Menteri dan Menteri Luar Negeri Qatar Sheikh Mohammed bin Abdulrahman bin Jassim Al Thani mengatakan Hamas telah memberikan tanggapan “secara umum positif” terhadap usulan kesepakatan gencatan senjata dengan Israel, ketika kelompok Palestina menegaskan kembali tuntutannya untuk mengakhiri serangan Israel terhadap Israel. Gaza.
  • Presiden AS Joe Biden mengatakan kepada wartawan pada hari Selasa bahwa tanggapan Hamas terhadap usulan kerangka gencatan senjata di Gaza “tampaknya sedikit berlebihan” tetapi negosiasi akan terus berlanjut.
  • Lebih dari 20 anggota Parlemen Eropa dan politisi menulis kepada European Broadcasting Union (EBU) pada hari Selasa, mengatakan partisipasi Israel dalam Kontes Lagu Eurovision “menutupi rezim yang melakukan pembersihan etnis di Palestina dan melakukan kejahatan perang dan genosida”.
  • Menteri Luar Negeri AS Antony Blinkent tiba di Israel untuk menengahi apa yang disebut Departemen Luar Negeri AS sebagai “akhir abadi” perang di Gaza. Dia sebelumnya mengunjungi Arab Saudi, Qatar dan Mesir dalam tur regionalnya yang kelima sejak Oktober tahun lalu.

Sumber: Sputnik, Aljazeera

Artikulli paraprak131 Tewas Akibat Kebakaran Hutan Chile
Artikulli tjetërUngkap Peredaran Narkotika, Polda Kalsel Sita 16 Kg Sabu

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini