Beranda Bisnis Didukung Warga, Pabrik Soda Ash akan Segera Dibangun Diatas Lahan 16 Hektar...

Didukung Warga, Pabrik Soda Ash akan Segera Dibangun Diatas Lahan 16 Hektar di Bontang

0
Ilustrsi - Kawasan industri Pupuk Kalimatan Timur (source)

Bontang, Paragrafnews.com: Mendapat dukungan dari masyarakat Kelurahan Guntung dan Kelurahan Loktuan, Sekertaris Perusahaan (Sekper) PT Kaltim Industrial Estate (KIE), Benny Samosir mengatakan pabrik Soda Ash yang memerlukan lahan 16 hektar tersebut dipastikan akan di bangun di Bontang.

“Dengan kapasitas produksi sebesar 300 ribu metrik ton per tahun” terangnya Benny saat acara bukber dengan insan pers Bontang di Bontang Kuring Resto, Jumat (8/4).

Soda Ash sendiri merupakan produk hilirisasi dari gas CO2 yang merupakan hasil samping dari pabrik amoniak.

“Dari proses sosialisasi yang kita lakukan, masyarakat Kelurahan Guntung dan Kelurahan Loktuan menyambut baik pembangunan pabrik Soda Ash,” ujar Benny.

Dikatakan Benny, proyek ini dinilai berpotensi membuka lapangan kerja bagi warga sekitar. Terlebih data Dinas Tenaga Kerja setempat menunjukkan angka penggangguran yang cukup tinggi.

Lebih lanjut, Benny mengklaim pembangunan pabrik Soda Ash, juga berpeluang turut meminimalisir emisi karbon di Kota Bontang.

Sebab, karbon dioksida (CO2) nantinya akan menjadi salah satu bahan baku yang banyak digunakan selain amoniak dan garam industri atau natrium klorida.

Apa itu Soda Ash dan Mamfaatnya?

Serbuk Soda Ash (source)

Berikut mamfaat soda ash yang berhasil kami rangkum. Melansir harga.web.id, soda ash merupakan salah satu bahan kimia dengan rumus kimia Na2CO3. Dalam Bahasa Indonesia, soda ash lebih dikenal dengan natrium karbonat atau soda abu. Secara teori, soda ash adalah salah satu jenis garam natrium yang terbentuk dari asam karbonat.

Karena teksturnya yang berupa bubuk, soda ash mudah larut dalam air. Meskipun terbentuk dari asam, soda ash memiliki sifat basa dan dapat membentuk larutan alkali yang kuat. Di kehidupan sehari-hari, soda ash memiliki banyak kegunaan, seperti. Membersihkan dan menjernihkan kolam renang, mencuci pakaian dan dapat membedakan ion pada logam. (kaje/red)

Artikulli paraprakTerpidana Korupsi Rp 16 Triliun Dibebaskan, #16 T Trending, Netizen Singgung dengan Kasus Konten Bokep
Artikulli tjetërAgenda Rutin, Pererat Kemitraan Pupuk Kaltim Gelar Buka Bersama Insan Pers Bontang

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini