Beranda Daerah Ini Penyebab Lambatnya Penanganan Sampah Usai Expo di Lapangan Hop 1

Ini Penyebab Lambatnya Penanganan Sampah Usai Expo di Lapangan Hop 1

0
Petugas kebersihan mulai membersihkan sampah yang berserakan di lapangan Hop 1, Selasa 15/2/2022 (ist)

Bontang, Paragrafnews.com: Sudah lebih dari sepekan usai pelaksanaan Expo dalam rangka anniversary atau hari jadi Asosiasi Pedagang Kaki Lima Bontang Bersatu (APKLBB) di gelar selama 15 hari dari tanggal 22/1/202 sampai 6/2/2022, menyisakan sampah berserakan hingga gundukan sampah belum di tangani.

Akibatnya arena olahraga Lapangan Sepakbola Hop 1 tersebut nampak pemandangan sampah berserakan di mana-mana. Selain merusak pemandangan, tumpukan sampah juga mengganggu masyarakat yang ingin beraktifitas olahraga maupun sekadar kongkow-kongkow di sore hari.

Menyikapi masalah tumpukan sampah, Yayasan PT Badak LNG melalui Kabid Keuangan, Imam Nawawi mengatakan sebelum pelaksanaan expo diadakan pertemuan dengan pihak penyelenggara dan dengan pihak terkait lainnya. Diantaranya pihak kecamatan, pihak kelurahan dan unsur lainnya.

Dijelaskan Imam, pihak kelurahan menyampaikan untuk pengelolaan prokes, kebersihan hingga parkir mereka sudah atur sedemikian rupa termasuk parkir di kelola oleh karang taruna setempat.

“Kami sudah mengingatkan agar pelaksanaan bisa berjalan baik termasuk pengelolaan sampah,” ujar Imam ke media ini, Selasa (15/2/2022) tadi siang.

Terangnya Imam, ia tidak tau persis kendalanya dimana, akan tetapi ia sudah mengingatkan acara – acara sebelumnya yang di selenggarakan di lapangan HOP 1 berjalan baik termasuk penangan sampah agar di perhatikan.

Pengamatannya dari mulai pelaksanaan expo hingga usai sampah yang makin berserakan tidak ada penanganannya. Akan tetapi jawaban dari pihak penyelenggaran mereka sudah punya tim untuk itu.

Bahkan Imam mengatakan, kalau belum punya tim ia menyarakan ke forum RT. Selain itu kata Imam, apapun kendalanya pihak yayasan meminta menjaga komitmen.

“Kami minta sebelum acara kondisi lapangan bagus bersih, ya setelah itu kami kan terima seperti itu,” kata Imam.

Dijelaskan Imam, bahwa betul penyelenggara menyewa lapangan ke yayasan melalui PT Sinergi.

Ditambahkan Imam, karena itu wilayah kami dan kami mencari solusi terbaik sehingga dirinya tetap berkomunikasi dengan penyelenggara.

“Pihak penyelenggara mengatakan bertanggung jawab namun melihat kondisinya ada kendala sehingga sejauh ini belum ada realisasi,” ungkap Imam.

“Sementara kami tanggulangi saya sudah turunkan anggota kebersihan, sudah saya turunkan 6 orang siang ini,” tambahnya.

Imam berharap dengan diturunkan anggota membersihkan sampah tidak ada kejadian komplain dari manapun.

“Inikan fasilitas umum kita harus jaga sama sama. Jadi kami inisiatif turunkan anggota supaya cepat tertangani,” ujarnya.

Sementara itu Kelurahan Satimpo, melalui Plh Lurah Andi Yusrianto turut bergegas akan peduli kebersihan lapangan tersebut, Andi berkoordinasi dengan Kepala Dinas LH untuk membersihkan sampah yang masih berserakan pasca pelaksanaan Expo.

“Alhamdilillah setelah kami laporkan Kadis LH langsung mengarahkan petugas kebersihan untuk mempersihkan sampah-sampah tersebut” singkatnya.

Terpisah, ketua panitia penyelenggara expo, Sartono mengatakan bahwa penanganan sampah selain masalah administrasi juga terkendala hujan, adapun untuk anggaran saat itu sudah ada.

Ditambahkan Sartono, selain itu lambatnya dan berbagai alasan dari tim nya sehingga dengan anggaran yang ada ia menyerahkan ke pihak yayasan.

“Karena lambatnya dan berbagai alasan dari teman – teman, saya minta tolong ke yayasan dengan bugdet yang sudah di sepakati,” kata Sartono ke media ini melalui pesan WhatsApp.

“Pada intinya saya bayar Insya Alloh clear masalah sampah,” tutupnya Sartono.

Hingga berita ini diterbitkan petugas kebersihan dari Dinas LH sudah mulai membersihkan sampah di area lapangan Hop 1. (kaje/reza).

Artikulli paraprakViral Miris, Rombongan Mahasiswi Berjilbab Disiram Air Selokan di India
Artikulli tjetërWaduh! Syarat Beli Minyak Goreng Harus Perlihatkan KK dan Bukti Vaksin

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini