Beranda Daerah Kelurahan Belimbing Menjadi Inspirasi Mahasiswa KKN UNMUL Angkatan Ke-45

Kelurahan Belimbing Menjadi Inspirasi Mahasiswa KKN UNMUL Angkatan Ke-45

1336
0
Foto bersama Mahasiswa KKN angkatan ke-45 bersama Walikota Bontang Neni Moerniaeni dan Lurah Belimbing, Ade Darmawan (Foto: dok. paragrafnews.com)

Bontang-Paragrafnews.com: Kuliah Kerja Nyata (KKN), adalah bentuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat oleh mahasiswa dengan pendekatan lintas keilmuan dan sektoral pada waktu dan daerah tertentu. Pelaksanaan kegiatan KKN biasanya berlangsung antara satu sampai dua bulan dan bertempat di daerah setingkat desa.

Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi di Indonesia telah mewajibkan setiap perguruan tinggi untuk melaksanakan KKN sebagai kegiatan intrakurikuler yang memadukan tri dharma perguruan tinggi yakni, pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Nur Anna saat duet dengan Walikota Bontang Neni Moerniaeni, membawakan lagu sunda Bubuy Bulan

Seperti, Mahasiwa Universitas Mulawarman (UNMUL) angkatan ke-45 yang melaksanakan kegiatan KKN di Kelurahan Belimbing, Kecamatan Bontang Barat, Kota Bontang Provinsi Kalimantan Timur, dari bulan Juli sampai dengan Agustus  2019 lalu. Kesan dan pesan pun, dari 13 Mahasiswa sudah pasti ada dibenak mereka ketika melaksakan KKN yang hampir 2 bulan lamanya. Berbagai kegiatan, seperti.

  1. Pembuatan Vertical Garden di RT. 31
  2. Mengikuti pelaksanaan Bimtek Ketua RT & Kelompok Masyarakat serta Bimtek PKK & Kader Posyandu
  3. Mengikuti pelaksanaan MTQ ke-XIII Tingkat Kecamatan Bontang Barat
  4. Mengikuti pelaksanaan Kerja Bhakti di lingkungan kantor Kelurahan dan lingkungan RT
  5. Memberikan Bimbingan Belajar di Panti Asuhan Aisyiyah
  6. Mengikuti pelaksanaan Bakti Sosial untuk Panti Asuhan, Juara MTQ, TPQ, Rumah Al Qur’an dan Keluarga Pra Sejahtera
  7. Mengikuti persiapan Penilaian Anugrah Kelurahan Sehat di RT. 31
  8. Ikut bersama-sama dalam Rangkaian Kegiatan Perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-74 di Kelurahan Belimbing (Mulai dari acara Donor Darah & Cek Kesehatan Gratis serta Sejumlah Perlombaan & Pertandingan yang diadakan seperti Lomba Cerdas Cermat Antar RT, Tenis Meja Beregu Antar RT dan lain-lain).
Lurah Belimbing, Ade Darmawan, S.Kom

Pesan dan kesan selama KKN di Kelurahan Belimbing

Putri Alya Afnin Bazigah, Mahasiswa KKN asal Kota Bontang ini pun, memaparkan kesan dan pesannya selama KKN di kelurahan Belimbing. Menurutnya, selama KKN di Kelurahan Belimbing sangat berkesan selama mengikuti KKN.

“Saya kaget dengan Kelurahan Belimbing yang begitu padat kegiatannya, sangat beda dengan kelurahan lainnya,” Kata Ia.

Mahasiswa Fakultas Ilmu sosisal politik jurusan ilmu pemerintahan ini pun, sangat mengapresisasi Kelurahan Belimbing, semenjak datang, tutur Putri, disini sudah disuguhkan dengan Vertical Garden dan kegiatan lainnya yang tidak ada di Kelurahan lain.

Ia menyebut, Lurah Belimbing (Ade Darmawan-Red ) sangat menginspirasi saya, beliau selalu memotivasi kami, supaya kami berpikir untuk berinovasi, selalu membimbing selama kegiatan terlebih pak lurah ini bisa juga mendatangkan Walikota Bontang (Neni Moerniaeni-Red) disetiap kegiatan Kelurahan Belimbing, Ujarnya.

Dijelaskannya Putri, bahwa ia sangat banyak belajar selama KKN di Kelurahan Belimbing, seperti bagaimana caranya berkoordinasi dengan para pejabat. Ia pun, berpesan buat rekan-rekannya bahwa setumpuk kegiatan selama KKN jangan dijadikan beban melainkan menjadi motivasi dan tetap semangat, Pungkasnya.

Senada dengan, Nur Anna, Ia sangat berkesan selama KKN di Kelurahan Belimbing. Anna, panggilan akrab ini pun, menuturkan bahwa Kelurahan Belimbing sangat istimewa, bahkan selama Ia tinggal didaerahnya belum pernah menemukan sistem informasinya memakai Sistem Informasi Pelayanan Utama (SIPUT).

Pengalaman yang menarik dari sisi Kelurahan Belimbing ini, sambung Anna, adalah sistem, e-Kelurahan, sistem penginputannya sudah online semua, Ujar Anna.

Tidak hanya itu, kata Anna, sisi Kepemimpinan Lurah Belimbing, sangat menjadi inspirasi buat Ia.

“Bisa merangkul, memotivasi jadi kami banyak belajar dari kepemimpinan Lurah Belimbing,” Ucap Anna.

Anna pun, menyampaikan pesan buat rekan-rekan Mahasiswa KKN. Semoga hal-hal yang didapat di Kelurahan Belimbing mnejadi pembelajaran setelah lulus kuliah nanti, Pinta Anna.

Untuk mahasiswa KKN selanjutnya nanti, program kerjanya bisa lebih baik dari kami, lebih aktif lagi. Pungkasnya.

Sementara itu Lurah Belimbing, Ade Darmawan, S. Kom, memaparkan kesannya kepada para Mahasiswa KKN UNMUL angkatan ke-45. Kata Ade, banyak hal yang berkesan bagi saya selaku Lurah Belimbing.

Semua adik-adik Mahasiswa berani tampil dan melaksanakan semua arahan serta tantangan, seperti menjadi MC, pembaca do’a, menari dan yang paling berkesan lagi yakni ada salah satu mahasiswa yang bisa menyanyikan lagu khas daerah sunda Jawa Barat, Bubuy Bulan secara live diiringi kendang sunda, yang notabennya mahasiswa tersebut bersuku Bugis, Tuturnya.

Bahkan, sambung Ade, Ia bisa berduet denganWalikota Bontang, Neni Moerniaeni, dimalam puncak perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-74, beberapa hari yang lalu.

Menurut Ade, Lagu Bubuy Bulan tersebut terbilang sulit dibawakan karena harus memiliki cengkok sinden sunda. Alhamdulillah dapat dibawakan dengan baik dan berjalan lancar.

Banyak suka duka, kesan serta harapan dan kami tidak bisa membalas kebaikan adik-adik sekalian kecuali ucapan rasa terima kasih yang sebesar besarnya. Semoga Allah SWT menganugerahi balasan yang lebih baik dan semoga kalian nanti tetap dikaruniai kesehatan, murah rejeki serta sukses apa yang kalian cita-citakan, berbakti kepada nusa, bangsa, negara serta orang tua. Aamiin., Ujar Ade.

Terima kasih atas kerjasama yang baik selama ini dan mohon maaf jika selama kita berinteraksi ada tutur kata dan tindakan yang tidak berkenan, semata karena pelaksanaan tugas dan tanggung jawab yang saya emban guna menggapai output maksimal. Tutupnya Lurah Belimbing, Ade Darmawan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here