Beranda Daerah Mantap! Kampung Selambai Bakal Dikucur Anggaran Rp 20 Miliar dari World Bank?

Mantap! Kampung Selambai Bakal Dikucur Anggaran Rp 20 Miliar dari World Bank?

0

Bontang-Paragrafnews: Didampingi Wakil Ketua DPRD Kota Bontang Faisal, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) Provinsi Kaltim, serta Dinas Perkim Kota Bontang, dan Badan Perencanaan, Penelitian, dan Pengembangan (Bapelitbang) Kota Bontang. kembali meninjau kampung selambai di Kelurahan Loktuan mendampingi tim Bank Dunia (World Bank), sebagai pemberi pinjaman (Lender) pada proyek tata lingkungan dan estetika program Kotaku. Senin (1/3/ 2019) kemarin.

Dedi Zubaidi, selaku Satuan Kerja Infrastruktur Berbasis Masyarakat, mengatakan. kunjungan ini dilakukan untuk mendampingi Bank Dunia sebagai pemberi pinjaman (Lender) kepada Pemerintah Indonesia dalam membantu melaksanakan pembangunan infrastruktur permungkiman kumuh diselambai Kelurahan Loktuan.

Kunjungan ini juga bertujuan untuk memantau sejauh mana kesiapan Pemerintah Kota Bontang dalam menyelesaikan dan menyiapkan perencanaan lahan, sebelum masuk pada progses lelang.

Disamping itu Kita juga akan melihat beberapa kegiatan lain yang sifatnya lebih kecil Skala lingkungan. karena di dalam Program Kotaku ini, ada dua pola pelaksanaan pengerjaan yang akan dilakukan. yakni yang dilaksanakan oleh kontraktor maupun yang dilaksanakan oleh masyarakat itu sendiri. Dan untuk Proyek Tata Lingkungan dan Estetika Program Kotaku di kampung selambai ini akan dilelang melibatkan kontraktor, yang peroses lelangnya akan dilaksanakan oleh Balai Prasarana Permukiman Provinsi Wilayah Kaltim,” Ungkapnya.

“Disinggung mengenai progres pelaksanaan lelang, Ia mengharapkan di tahun 2019 ini proses lelang bisa segera dilaksanakan, namun saat ini masih dalam tahap Finalisasi terkait dengan dokumen (DED) Detail Engineering Design oleh Pemerintah Kota Bontang,” Ujarnya.

Lebih detail dijelaskan Dedi proyek infrastruktur penataan di kampung selambai ini menyerap anggaran sebesar Rp 20 miliar yang berasal dari Loan Bank Dunia (World Bank) dengan sistem Multiyears. Ditujukan pada pembangunan infrastruktur berupa jalan beton sepanjang 400 m, pembangunan 3 tambatan kapal, landmark kawasan, serta 2 Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) Komunal termasuk pipa distribusi untuk 250 KK di wilayah Kampung Selambai, dengan estimasi proses pengerjaan di perkirakan bisa mencapai 8 hingga 10 bulan pengerjaan,” Paparnya.

Kepala Seksi Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Bontang Rina Nurhayati menjelaskan, Pelaksanaan Teknis Proyek Tata Lingkungan dan Estetika Program Kotaku di kampung selambai ini sejatinya telah selesai dilaksanakan dari APBD sejak tahun 2018, sembari terus berkomunikasi dengan Pemerintah Pusat di Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR), untuk menyesuaikan Desain serta persayaratan teknis dari Pemerintah Kota Bontang.

“Dan jika semua Desain serta Persyaratan Teknis kita disetujui oleh Pemerintah Pusat, maka proses lelang bisa segera dilaksanakan. Jadi semoga semua tanpa kendala,” Jelas Rina Nurhayati.

Sementara itu, faisal Wakil Ketua DPRD Bontang yang mendampingi pemantauan ini mengharapkan proses lelang bisa segera dilaksanakan.

Agar Proyek Tata Lingkungan dan Estetika Program Kotaku di kampung selambai ini bisa segera dikerjakan, dan kita Masyarakat Kelurahan Loktuan, umumnya seluruh Masyarakat Kota Bontang bisa segera merasakan hasil pembangunan tersebut, yang diharapkan bisa menjadi Destinasi Wisata Pesisir Pertama di Bontang untuk menarik Wisatawan berkunjung ke kampung selambai, sehingga bisa membantu menambah ekonomi masyarakat sekitar,” Pungkas Faisal.

Artikulli paraprakTidak Ada Satupun Parpol di Bontang di Coret dari Pemilu 2019
Artikulli tjetërKPU Beri Waktu Hingga 10 April, Untuk Mengurus Layanan Pindah TPS

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini