Beranda Daerah Mudahkan Pelayanan Bagi Pasien, RSUD Taman Husada Bontang Luncurkan Klinik Laktasi dan...

Mudahkan Pelayanan Bagi Pasien, RSUD Taman Husada Bontang Luncurkan Klinik Laktasi dan Bank Darah

234
0
Walikota Bontang, dr. Hj. Neni Moerniaeni. Sp.Og, Lounching Klinik Laktasi di RSUD Husada Bontang (Foto:.dok. Paragrafnews.com)

Bontang-paragrafnews: Dua produk layanan masyarakat milik RSUD Taman Husada Kota Bontang yakni Klinik Laktasi dan Bank Darah, secara simbolis resmi dilaunching Walikota Bontang Neni Moerniani di dampingi Direktur RSUD Taman Husada Bontang dr. I Gusti Made Suardika. Senin (19/8/2019), bertempat di RSUD Taman Husada Bontang.

Dalam sambutannya Direktur RSUD taman husada Bontang dr. I Gusti Made Suardika mengatakan. kegiatan ini selain digelar dalam rangka memperingati Hari Pekan ASI Sedunia 2019.

Dilaunchingnya dua produk layanan masyarakat ini juga dilakukan demi meningkatkan mutu pelayanan RSUD terhadap Masyarakat Kota Bontang.

Selain itu terkait dengan Pekan ASI Sedunia dr. I Gusti Made Suardika menilai, pemberian ASI eksklusif penting bagi bayi untuk dikonsumsi dan lebih utama bila dibandingkan dengan susu formula. Namun, kenyataannya masih banyak ditemui ibu hamil dan ibu menyusui yang belum menyadari manfaat tersebut.

Sebab itu, dihari Pekan ASI Sedunia ini perlu ada klinik laktasi sebagai penunjang pentingnya pemberian ASI eksklusif bagi bayi, Satu di antaranya dapat menunjang keberhasilan ASI eksklusif hingga setidaknya bayi berusia empat sampai 6 bulan, dukungan dari para suami juga dirasa sangat perlu dalam pemberian asi demi masa perkembangan bayi.

“Saya harapkan kepada para ibu selalu memberikan ASI eksklusif sampai 6 bulan dan tetap memberi asi sampai 2 tahun dan dengan makanan pendamping,”tuturnya.

Sementara hal senada juga disampaikan Walikota Bontang Neni Moerniaeni, ia mengatakan bahwa dilaunchingnya dua produk layanan masyarakat milik RSUD ini tentu sebagai upaya pemerintah dalam memenuhi kebutuhan layanan yang maksimal terhadap masyarakat.

Pertama produk layanan masyarakat klinik laktasi ini nantinya diharapkan dapat mewarnai rumah sakit RSUD taman husada bontang sebagai rumah sakit yang laik anak satu-satunya di Kota Bontang.

Selain itu dengan kehadiran klinik laktasi neni mengharapkan masyarakat utamanya ibu-ibu menyusui ini dapat teredukasi bagaimana cara memberikan asi eksklusif yang baik dan benar.

Sedangkan dengan keberadaan Bank Darah di RSUD ini diharapkan Neni mampu memberikan pelayanan yang lebih mudah terkait dengan pasien yang membutuhkan transfusi darah.

“Inovasi keberadaan Bank Darah milik RSUD ini sangat membantu, dari segi efisiensi waktu. Sebab dengan adanya Bank darah ini. pasien tidak perlu lagi harus ke kantor PMI terlebih dahulu, Sehingga pelayanan transfusi darah dapat dilakukan dengan cepat,”pungkasnya.

Selain dilaunching 2 produk layanan masyarakat, RSUD Taman Husada Kota Bontang juga menggelar seminar kesehatan dengan mengangkat tema nasional yakni “Ayah dan Ibu Kunci Keberhasilan Menyusui yang diikuti lebih dari 200 orang peserta dari berbagai organisasi wanita sekota bontang seperti Ibu-ibu PKK, Ibu-ibu bayangkari maupun Dewan pengurus RSUD beserta staf, perawat, dan dokter.

Dalam seminar tersebut ditekankan bagaimana pentingnya pemberian ASI eksklusif dimulai dari satu jam setelah bayi lahir hingga bayi berusia 6 bulan, dan Menyusui bisa dilakukan hingga anak berusia sekitar dua tahun.

Selain itu ibu pun bisa memperoleh manfaat dari menyusui, seperti Ibu bisa dijauhkan dari risiko kanker payudara, kanker ovarium, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung. Diperkirakan aktivitas menyusui bisa mencegah 20 ribu kematian ibu tiap tahun akibat kanker payudara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here