Aliansi Gerakan Masker Bontang (Foto: Istimewa)

Bontang – Paragrafnews.com: Saat ini virus corona ( COVID-19) sudah masuk ke Kalimantan Timur, tiap detik waktu harus dimanfaatkan semaksimal mungkin mengimplementasikan berbagai strategi untuk memutus rantai penyebaran virus corona (COVID-19).

Virus ini hanya bisa dilawan oleh kesadaran penuh bukan hanya dari pihak pemerintah dan pihak medis saja, akan tetapi masyarakat biasa juga dapat berpartisipasi. Salah satunya dengan cara melakukan pencegahan seminimal mungkin, yaitu menggunakan masker.

Aliansi Gerakan Masker Bontang pada saat membagikan masker gratis di Lampu Merah Bontang Baru, Senin 1/4/2020 (Foto:istimewa)

Dua pemuda asal Kota Bontang, Fathun Qorif dan Karresa berinisiatif membentuk Aliansi Gerakan Masker Bontang yang bekerja sama dengan beberapa organisasi, komunitas dan lembaga yaitu, Himpunan Mahasiswa Bontang (HMB), Himpunan Pengusaha Muda (Hipmi), Rumah Sakit Amalia, Forum Kewirausahaan Pemuda (FKP), Dompet Dhuafa Volunteer (DDV), Gerakan Infaq Beras Bontang, Bontang Peduli Sampah, Pemuda Peduli Disabilitas, Kompas, FKBN Bontang, PT. Bank Perkreditan Rakyat Bontang Sejahtera.

Aliansi Gerakan Masker Bontang membuka donasi terkait pencegahan penyebaran virus corona covid 19 dengan menggalang dana untuk membeli kain yang akan dijahit menjadi masker 2 lapis untuk tim medis dan masyarakat.

Penggalangan dana ini dimulai pada tanggal 23 Maret 2020 dengan menargetkan 2000 masker. Dalam waktu 4 hari tepatnya pada tanggal 27 Maret 2020, 2000 masker telah mencapai target, oleh karena itu donasi yang berlebih dari masyarakat akan dialihkan untuk pembelian suplai vitamin, susu beruang dan madu untuk tim medis di kota Bontang.

Donasi terakhir berjumlah Rp. 16.595.000 , dalam kurun waktu sembilan hari dan Adapun donasi tersebut telah direalisasikan dalam bentuk:
1. 2.250 masker kain,
2. 474 botol susu beruang,
3. 60 botol madu murni,
4. 36 tisu basah, dan
5. 100 tablet Vitamin C
yang siap dibagikan kepada masyarakat Bontang mulai 1 April sampai 2 April 2020.
Adapun sasaran donasi masker ini akan disalurkan kepada RSUD Taman Husada Bontang, RS. Islam Bontang, RS. Amalia Bontang, RS. Pupuk Kaltim, RS. LNG Badak, Puskesmas Bontang Lestari, Puskesmas Bontang selatan ll, Puskesmas Bontang Barat, Puskesmas Bontang Utara, Puskesmas Bontang Utara II, Apotek Medika Utama, Klinik Rudal, Klinik Satelit RS.PKT Pisangan, Klinik Satelit RS. PKT Telihan, Klinik Sehat Dhu’afa, Klinik Medika Mulya, Klinik Anam Berbas, Polres Bontang, Pasar Tj.Limau, Pasukan Kuning, dibagikan ke masyarakat di Lampu Merah Ramayana, Lampu Merah Bontang Baru, Lampu Merah Pisangan.

Fathun Qorif salah satu pemuda yang mengawali gerakan ini. Termotivasi dari masyarakat Balikpapan yang membagikan sejumlah masker secara cuma – cuma. Menurutnya gerakan ini harus dikembangkan termasuk di Kota Taman.

“saya kira pencegahan penyebaran covid-19 ini salah satunya menggunakan masker, saya sangat termotivasi oleh masyarakat Balikpapan yang sudah melakukan aksi itu terlebih dulu,” ujarnya ke paragrafnews.com di lapangan MTQ, Rabu (1/4/2020) sore.

“Kepada donatur dan masyarakat Bontang kami ucapkan terima kasih banyak karena sudah berpartisipasi dalam gerakan ini. Semoga apa yang telah didonasikan bisa bermanfaat bagi masyarakat Bontang dan untuk sementara donasi yang lebih akan kami alihkan ke Aliansi Bontang Peduli Covid-19,” pungkasnya. (kaje)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here