Beranda Daerah Pembentukan Raperda Sistem Pengupaham Tenaga Kerja Ini Harapan Fraksi Annur

Pembentukan Raperda Sistem Pengupaham Tenaga Kerja Ini Harapan Fraksi Annur

53
0
Anggota DPRD Bontang Rusli (Foto: humas sekwan Bontang)

BONTANG, PARAGRAFNEWS.COM — Raperda (Rancangan Peraturan Daerah) insiatif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Bontang terkait sistem pengupahan tenaga kerja, ditanggapi Pemerintah Kota Bontang Melalui Pejabat Sementara (PJS) Wali Kota Bontang Riza Indra Riadi.

“Pemerintah Daerah menyambut baik pembentukan Raperda ini dan berharap dapat memberikan perlindungan kepada pekerja berupa jaminan pemberian hak upah dari badan (perusahaan) yang melaksanakan kegiatan di wilayah Kota Bontang agar sesuai dengan standar upah minimum kabupaten kota yang ditetapkan oleh Provinsi,” ujarnya.

Namun, kata dia, Pemerintah Pusat baru saja mensahkan Undang-Undang Cipta Kerja yang mengatur kebijakan tentang pengupahan. “Berdasarkan kajian Pemerintah Daerah maka disarankan untuk menunggu regulasi yang akan disusun oleh Pemerintah Pusat,”terangnya.

Menjawab tanggapan PJS Wali Kota Bontang, Fraksi Annur (Hati Nurani Rakyat) yang disampaikan oleh Rusli Sekretaris Fraksi Annur mengatakan, pihaknya menerima saran dan masukan PJS Wali Kota Bontang dengan pertimbangan kepatuhan terhadap peraturan perundang – undangan yang lebih tinggi.

“Perbaikan pengelolaan sistem pengupahan tenaga kerja di Kota Bontang perlu dilakukan demi mewujudkan kesejahteraan masyarakat khususnya tenaga kerja lokal Kota Bontang,” ujarnya diruang rapat Paripurna Sekretariat DPRD Bontang, Jalan Bessai Berinta Kelurahan Bontang Lestari, Selasa (27/10/2020).

Selain itu, Rusli menambahkan, Fraksi ANNUR menyarankan agar Pemerintah lebih responsif terhadap tuntutan perbaikan kesejahteraan tenaga kerja yang akhir-akhir ini agak memanas dan cenderung meningkat.

“Fraksi kami berharap agar pembentukan Raperda ini dapat mengakomodir harapan dan tuntutan masyarakat khsususnya tenaga kerja yang ada di Kota Bontang,”tutupnya.(ltp/Hrm)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here