Beranda News Polisi Tak Tilang Pemotor Bersendal Jepit, Ini Penjelasan Kakorlantas Polri

Polisi Tak Tilang Pemotor Bersendal Jepit, Ini Penjelasan Kakorlantas Polri

Walaupun Tidak Standar Berkendara Motor dan Berbahaya

0
Ilustrasi - pemotor bersendal jepit / source

Paragrafnews.com: Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri, Irjen. Pol. Firman Santyabudi, membantah bahwa Polri akan menilang pengendara motor yang hanya menggunakan sendal jepit.

Bagi pemotor bersandal jepit menurut Firman, Polri hanya mengimbau agar pengendara motor tidak lagi memakai sendal jepil ketika mengendarai motornya, seperti dikutip Tribratanews.polri.go.id, Jumat (17/6).

“Jadi, tidak ada larangan menggunakan sendal jepit, tetapi Polri mengimbau agar tidak ada lagi pengendara motor yang menggunakan sendal jepit,” tegas Firman.

Langkah Polri untuk mengimbau masyarakat agar mengendarai motor tidak bersendal jepit, sebenarnya adalah untuk mengurangi fatalitas jika terjadi kecelakaan. Sendal jepit tidak dapat melindungi pengendara motor dari kecelakaan berat yang mungkin terjadi. Lebih baik menggunakan sepatu yang lebih baik melindungi kaki pengendara motor, jika terjadi kecelakaan.

Pakar komunikasi, Rahmat Edi Irawan, melihat apa yang diimbau Polri agar pengendara motor tidak menggunakan sendal jepit, justru tidak perlu diributkan.

“Imbauan itu justru untuk melindungi masyarakat. Sama seperti penggunaan helm, mau jarak panjang maupun dekat untuk keperluan apapun, siapapun pengendara motor harusnya menggunakan helm dan menghindari pemakaian sendal jepit, agar jika terjadi kecelakaan tidak akan berakibat fatal bagi pengendara motor tersebut”, demikian ujar Dosen Ilmu Komunikasi Universitas Binus Jakarta.

red/kaje

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Artikulli paraprakKades Pakacangan Hisap Sabu di Kantor, Sempat Buang Barang Bukti ke Jendela
Artikulli tjetërBocah Diselamatkan Setelah Lebih dari 100 Jam Terjebak di Sumur dengan Ular

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini