Beranda Daerah Rangkaian Pekan Pers Bontang Diakhiri dengan Rapat Koordinasi PWI

Rangkaian Pekan Pers Bontang Diakhiri dengan Rapat Koordinasi PWI

0
Rapat Koordinasi PWI (Foto: dok. PWI Kota Bontang)

Bontang, Paragrafnews.com: Rangkaian kegiatan Pekan Pers Bontang 2022 diakhiri dengan Rapat Koordinasi PWI Bontang yang mengusung tema “Wartawan Benar, Benar Wartawan”.

Menghadirkan PWI Kaltim sebagai narasumber dalam upaya peningkatan kapasitas para insan wartawan yang tergabung di PWI Bontang.
Ketua Panitia Pekan Pers Bontang 2022 Ahmad Nugraha mengatakan Rapat Koordinasi PWI Kota Bontang merupakan agenda ketiga dalam Pekan Pers Bontang 2022.

Setelah sebelumnya sukses menggelar Bincang Buku dan Kepenulisan di Lamin Kodim 0908 Bontang, dan Penanaman 1.000 Pohon Mangrove di Teluk Bangko.

“Terima kasih kepada seluruh stakeholder baik dari Pemerintah Kota Bontang, serta perusahaan yang terlah berpartisipasi mendukung dan memfasilitasi kegiatan Pekan Pers Bontang 2022,”ujarnya di Ruang Rapat Kantor Dispopar Bontang, Minggu (20/3/2022).

Ditambahkan Ketua PWI Bontang, Suriadi Said bahwa Pekan Pers Bontang 2022 ini merupakan capaian terbesar PWI Bontang. Mengingat acara ini sudah dicanangkan setahun lebih dan baru terlaksana di pekan ini.

“PWI Bontang kini beranggotakan 32 wartawan, dengan jumlah anggota yang cukup banyak, maka dirasa perlu digelar rakor agar teman-teman lebih mencintai PWI,” ungkapnya.

Rakor PWI Bontang pun, lanjut Isur –sapaannya—menghadirkan narasumber dari PWI Kaltim yang dihadiri Ketua PWI Kaltim Endro S Efendi beserta Sekretaris PWI Kaltim Wiwid, dan Ketua Bidang Pendampingan Wartawan Rahman.

Dalam sambutan Ketua PWI Kaltim Endro menuturkan PWI tidak hadir di seluruh kabupaten kota, karena ada syarat yang harus dipenuhi untuk membentuk PWI di daerah, salah satunya Uji Kompetensi Wartawan (UKW).

Endro pun mengucapkan terima kasih atas dukungan perusahaan dalam pelaksanaan UKW. Namun, ternyata untuk melakukan UKW terdapat aturan, sehingga rata-rata mereka yang sudah UKW belum bisa meningkatkan UKW-nya.

Sehingga yang dibutuhkan saat ini adalah peningkatan kapasitas, berupa pelatihan dan bimtek.

“Akan ada event besar Pekan Olahraga Wartawan Nasional 2022 yang digelar di Malang Oktober mendatang, semoga wartawan di Bontang bisa berpartisipasi dalam Porwarnas 2022. Diharapkan dukungan dari stakeholder, pemerintah dan swasta,” kata Endro.

Pada kesempatan itu, PWI Kaltim memberikan penghargaan kepada PWI Bontang atas keaktifan PWI Bontang, terutama dalam memperingati Hari Pers Nasional 2022.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Bontang Najirah mengucapkan Selamat Hari Pers Nasional 2022 kepada insan wartawan di Kota Bontang dan mengapresiasi atas terselenggaranya Rakor PWI ini. Kegiatan ini, merupakan bentuk peningkatan peran pers di Kota Bontang yang bermanfaat bagi kehidupan masyarakat dalam menyajikan sebuah berita.

“Tak dipungkiri keberadaan wartawan atau jurnalis, sangat dibutuhkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sebagai kontrol sosial di masyarakat,” ujar Najirah.

Sebagai organisasi kewartawanan pertama, lanjutnya, PWI harus menjadi wadah bagi insan pers yang kompeten, profesional, serta taat dan patuh pada kode etik jurnalistik sebagai pedomannya. Sehingga dalam menjalankan tugasnya akan dilindungi oleh undanng-undang.

Kegiatan ini, diharapkan dapat merumuskan agenda kerja yang efektif dan berdaya guna dalam rangka mendukung kinerja wartawan dan pembangunan di Kota Bontang. PWI Bontang harus bisa menyesuaikan programnya dengan kondisi yang ada agar proses pembinaan dan penguatan kepada anggotanya lebih berdaya guna dan tepat sasaran.

“Saya berharap agar PWI memiliki program kerja efektif guna mendorong hadirnya karya-karya jurnalistik yang berkualitas, dengan demikian, PWI mampu menghadirkan wartawan-wartawan profesional yang pada akhirnya berimbas pada keberlangsungan pembangunan bangsa yang lebih efisien, akuntabel, dan transparan,” pungkasnya.

Acara tersebut juga sekaligus pemberikan penghargaan dari PWI Bontang kepada Pemerintah Kota Bontang, Kodim 0908 Bontang, Polres Bontang dan PWI Kaltim, serta perusahaan yang sudah men-support. (**).

Artikulli paraprakPencapaian Rencana Strategis SMSI Dicatat MURI, Jumlah Anggota Terbesar di Dunia
Artikulli tjetërDilantik Wali Kota Basri Rase, Suryana Resmi Pimpin PWSB Masa Bakti 2021-2026

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini