Beranda Internasional Konflik Rusia-Ukraina Rudal Rusia Hantam Vinnytsia 23 Orang Tewas, Ukraina : Tindakan Terorisme

Rudal Rusia Hantam Vinnytsia 23 Orang Tewas, Ukraina : Tindakan Terorisme

Zelenskyy mengatakan serangan di Ukraina tengah adalah 'tindakan terorisme', mendesak 'pengadilan khusus' untuk kejahatan perang Moskow.

0
Rudal Rusia Hantam Vinnytsia 23 Orang Tewas
Bangunan dan mobil yang rusak di lokasi serangan rudal Rusia yang mematikan di Vinnytsia, Ukraina, pada 14 Juli 2022 / net

Rudal Rusia menghantam kota Vinnytsia di Ukraina tengah, sedikitnya menewaskan 23 orang, termasuk tiga anak. Serangan tersebut dikatakan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskyy sebagai “tindakan terorisme terbuka”.

Serangan pada hari Kamis siang di sebuah kota yang berjarak ratusan kilometer dari pertempuran garis depan dan jauh dari invasi pasukan Rusia terjadi ketika para pejabat Uni Eropa berkumpul di Den Haag untuk membahas kejahatan perang Rusia di Ukraina.

“Ada delapan roket, dua di antaranya menghantam pusat kota. Dua puluh orang tewas, termasuk tiga anak-anak. Ada banyak, sejumlah besar yang terluka,” kata Zelenskyy dalam pidatonya di pertemuan para pejabat Eropa di Den Haag untuk membahas kejahatan perang oleh pasukan Moskow, mengutip Aljazeera.

Tim penyelamat kemudian memperbarui jumlah korban tewas di kota menjadi 23, mengatakan pencarian 39 orang lainnya terus berlanjut.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres mengatakan dia “terkejut” dengan serangan terhadap warga sipil di kota itu, sementara Uni Eropa mengecam serangan rudal Rusia sebagai “kekejaman”. Keduanya meminta pertanggungjawaban.

Zelenskyy mengheningkan cipta sebelum mendesak pejabat Uni Eropa dan Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) untuk membuka “pengadilan khusus” atas invasi Rusia ke negaranya dan pembantaian warga sipil.

“Saya percaya tidak dapat dihindari bahwa Pengadilan Kriminal Internasional akan membawa pertanggungjawaban kepada mereka yang bersalah atas kejahatan di bawah yurisdiksinya: kejahatan perang, kejahatan terhadap kemanusiaan, genosida,” katanya.

Menteri Dalam Negeri Ukraina Denys Monastyrskyi kemudian mengatakan bahwa dua rudal lagi telah dicegat saat meluncur ke kota oleh pertahanan udara.

“Setiap hari, Rusia membunuh warga sipil, membunuh anak-anak Ukraina, melakukan serangan rudal ke fasilitas sipil di mana tidak ada target militer. Apa ini, jika bukan aksi terorisme terbuka?” kata Zelensky.

Dalam komentar di Twitter, Menteri Luar Negeri Ukraina Dmytro Kuleba menuduh Rusia melakukan “kejahatan perang lain” pada hari Kamis.

BACA  JUGA DI GOOGLE NEWS disini >>>

red/kaje

Artikulli paraprakPM Kishida Salahkan Polisi Atas Kematian Abe, Perlindungan Tidak Memadai
Artikulli tjetërPolda Banten Berhasil Sita Aliran Dana 1 Miliar Kejahatan Narkoba, Berikut Rinciannya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini