Beranda Daerah Sebanyak 1600 Dosis Vaksin Akan Tiba di Bontang, Nakes Menjadi Prioritas

Sebanyak 1600 Dosis Vaksin Akan Tiba di Bontang, Nakes Menjadi Prioritas

181
0
Ilustrasi Vaksin COVID-19 (Foto: BioSpektrum Asia)

Bontang – Paragrafnews.com: Vaksin Covid-19 telah tiba di Kalimantan Timur (Kaltim), Selasa (5/1/2021). Kepala dinas kesehatan Bontang Bahauddin menjelaskan terdapat 1600 dosis akan tiba di Bontang.

“Saat ini masih di rapatkan dulu. vaksin masih di Samarinda. Bontang mendapatkan kuota sebanyak 1600, tapi belum tau kapan di antar,” ungkapnya saat dihubungi awak media.

Lanjutnya ia mengatakan ada 800 tenaga kesehatan (nakes) yang akan menjadi sasaran utama dari vaksinasi Covid-19 yang tersebar di 6 puskesmas dan 4 Rumah Sakit di Bontang.

Diketahui sebanyak 25.520 dosis vaksin sinovac yang diterima oleh provinsi Kaltim, namun Pendistribusian vaksin di tahap pertama ini memang diperuntukkan hanya untuk garda terdepan, mengingat tenaga kesehatan sangat rentan terhadap covid-19.

“Prioritas ke nakes karena dia yang paling rentan terkena virus covid-19,” Pungkasnya.

Pemberian vaksinasi di tahap pertama ini pun belum mengakomodir jumlah Petugas tenaga kesehatan di Bontang yang mencapai 1,167.

“Untuk tahap pertama ini hanya 800 nakes dulu, sementara masih menunggu surat edar darurat vaksin yang diatur dalam Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 99 Tahun 2020 tentang Pengadaan dan Pelaksanaan Vaksinasi dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Covid-19.” ujarnya

“Vaksinasi belum bisa dilakukan sebelum mendapatkan izin penggunaan emergency use authorization dari Badan POM,” lanjutnya.

Selanjutnya Bahauddin mengatakan, vaksin Covid-19 juga diperuntukkan bagi TNI dan Polri namun setelah analisis uji klinis fase 3 vaksin Sinovac dari BPOM keluar “Vaksinasi akan di bagikan di 10 kabupaten kota di Kaltim,” tutupnya. (ltp/kaje).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here