Beranda Advertorial Sekretariat DPRD Bontang Raih Juara Tiga Tata Kelola Kearsipan

Sekretariat DPRD Bontang Raih Juara Tiga Tata Kelola Kearsipan

23
0
Sekretariat DPRD (Setwan) Kota Bontang, Lukman saat menerima penghargaan dari Pjs Walikota Bontang Riza Indra Riadi di Pendopo, Senin 12/10/2020 (Foto: Humas Pemkot Bontang)

Bontang – Paragrafnews.com: Bertepatan dengan perayaan HUT Kota Bontang ke-21, Senin (12/10/2020). Sekretariat DPRD (Setwan) Kota Bontang berhasil meraih juara tiga pada penilaian tata kelola kearsipan, yang digelar oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Bontang dalam ajang Anugerah Tata Kelola Kearsipan melalui program Good Archival Governance Award (GAGAS) sejak tahun 2018 lalu. Dimana Tahun 2020 diikuti oleh 31 peserta yang berasal dari Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Sekretaris DPRD (Sekwan) Bontang Lukman, menuturkan capaian yang diraih Setda tahun ini bukan tanpa usaha. “Kami telah melakukan pembenahan kearsipan dalam setiap indikator tata kelola arsip dalam setiap inovasi agar semua tertib administrasi, mudah diakses, efektif, efisien, dan terjaga penataannya,” ungkap Lukman saat menerima penghargaan dari Pjs Walikota Bontang Riza Indra Riadi di Pendopo, Senin (12/10/2020).

Selain pembenahan arsip, lanjut Lukman, kami juga menyiapkan sarananya berupa tempat kearsipan, dan akan menyiapkan perangkai IT-nya untuk memudahkan akses setiap arsip.

Dikatakan, Lukman, kedepannya ia akan terus berupaya menghadirkan tata kelola kearsipan yang baik, dan semaksimal mungkin menerapkan 4 pilar pengelolaan arsip. 4 pilar tersebut yakni Pedoman Tata Naskah Dinas, Pedoman Pola jadwal retensi, Klasifikasi Arsip, aksesnya dan pedoman Keamanan.

GAGAS merupakan penilaian meliputi aspek pengelolaan arsip dinamis, aspek sumber daya manusia kearsipan, dan aspek prasarana dan sarana kearsipan, ujar Lukman.

Lukman berharap dengan tata kelola arsip ini lebih memudahkan dan mempercepat kearsipan. dan pengelolaan arsip di Setwan bisa lebih baik lagi,” pungkasnya. (Kaje/Ltp).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here