Beranda Daerah Serang Paru-paru, Lansia Lebih Rentan Terinfeksi Covid-19

Serang Paru-paru, Lansia Lebih Rentan Terinfeksi Covid-19

0

Bontang-Paragrafnews: Tubuh akan mengalami berbagai penurunan akibat proses penuaan, seiring bertambahnya usia seseorang. Seperti menurunnya produksi hormon, massa otot, kekuatan, fungsi organ tubuh dan kepadatan tulang.

Hal tersebut diungkapkan oleh dokter Spesialis Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi (Paru) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Taman Husada Bontang, Dian Ariani. Saat dihubungi media ini, Sabtu (25/4).

Spesialis Pulmonologi dan Kedokteran Respirasi (Paru) Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Taman Husada Bontang, Dian Ariani.

Jelasnya, Covid-19 bisa masuk kedalam tubuh manusai yang mempunyai daya tahan tubuh lemah yakni pada anak kecil dan usia lanjut. Ironisnya penyakit ini merupakan penyakit yang menyerang paru-paru serta organ lainnya.

“Infeksi ini disebut Pneumonia, ada yang bergejala ringan, sedang berat. Akan tetapi bisa juga tanpa gejala,” Tandasnya.

Lebih jauh Dian menjelaskan, gejala sedang dan berat biasanya dapat menimbulkan sesak nafas yang dikarenakan ada gangguan pertukaran oksigen. Ketika pertukarannya lama, maka akan menyebabkan gagal nafas karena gangguan penurunan fungsi paru.

Namun, pada orang normal akan terjadi penurunan fungsi paru secara otomatis, jika sudah memasuki usia 50 hingga 60 tahun. Penurunan tersebut sebanyak 10 sampai 30 persen dengan resiko lebih rentan terjadi pada perokok serta orang yang memiliki penyakit penyerta atau komirbid.

Hal itu disebabkan oleh sistem imun yang berperan sebagai pelindung tubuh pun tidak dapat bekerja secara maksimal seperti saat masih muda.

“Akibatnya, sulit bagi orang lanjut usia atau lansia melawan berbagai macam bakteri atau virus termasuk Covid-19,” Tuturnya.

Artikulli paraprakTidak Harus “GILA” Untuk Konsultasi Ke Dokter Jiwa
Artikulli tjetërPerkembangan Data Monitoring Harian Covid-19 Bontang: Hasil Rapid Tes, 55 Nakes RSIB Yabis Dinyatakan Negatif

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini