Home Daerah Tekan Angka Stunting, Kelurahan Belimbing Gelar Bimtek Bersama Kader Posyandu dan PKK

Tekan Angka Stunting, Kelurahan Belimbing Gelar Bimtek Bersama Kader Posyandu dan PKK

0
Kelurahan Belimbing Gelar Bimtek cegah stunting
Para peserta Bimtek, antusias mengikuti Bimtek di Kelurahan Belimbing-Kecamatan Bontang Barat, foto bersama para peserta dengan Walikota Bontang, Neni Moerniaeni, Camat Bontang Barat, Lurah Belimbing ( foto dok. paragrafnews.com)

Bontang-paragrafnews.com: Mengambil tema  “Dengan Mencegah Stunting, Kita Wujudkan Masa Depan Yang Cemerlang” Kelurahan Belimbing, menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) bersama kader Posyandu dan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) se-Kelurahan Belimbing, Kecamatan Bontang Barat, diaula Kelurahan Belimbing, Minggu (28/7) Kemarin.

Baca Juga: Sinergitas Kelurahan Belimbing dengan Tokoh Masyarakat

Keseriusan Kelurahan Belimbing dalam upaya menekan angka stunting dikota Taman, dalam bimtek ini melibatkan 2 narasumber ahli gizi dari Puskesmas Bontang  Barat, para peserta mendapatkan Bimtek pencegahan dini terkait kasus Stunting. 2 narasumber diantaranya, Agustina Gala Manukrante, A.Md.Gz dan Wilman Pasaribu, A.Md.Gz.

Mengawali acara Bimtek, Lurah Belimbing, Ade Darmawan, S. Kom, dalam sambutannya memaparkan, Adapun maksud dan tujuan Bimtek ini, tutur Ia, sebagai ajang silahturahmi dan menjalin kekompakan diantara Kelurahan Belimbing dengan peserta Bimtek sebagai mitra kerja.

Diinformasikan juga oleh, Ade, Kegiatan Bimtek ini bersumber dari Dana Alokasi Umum (DAU), lebih rinci, Ade, menjelaskan adapun kegiatan lainnya pada tahun 2019 meliputi, pembangunan gedung Sekretariat PKK dan Kantin PKK dan Bimtek Ketua RT & Kelompok Masyarakat serta PKK & Kader Posyandu,se-Kelurahan Belimbing.

Kelurahan Belimbing Gelar Bimtek cegah stunting
Lurah Belimbing, Ade Darmawan (foto dok. paragrafnews.com)

Dijelaskannya, Ade, Bimtek ini bisa memberikan penyegaran informasi kepada seluruh peserta guna meningkatkan peran kader dalam mendeteksi sejak dini dan melakukan penjaringan kasus stunting di lingkungan keluarga dan masyarakat.

Ia pun, berharap sepulangnya dari Bimtek ini seluruh peserta memperoleh informasi yang lengkap dan komprehensif dalam upaya mendeteksi sejak dini dan melakukan penjaringan kasus stunting di lingkungan keluarga dan masyarakat sekitarnya, karena peserta bimtek adalah mitra kerja atau kepanjangan tangan pemerintah.

Kata, Ade, Kelurahan Belimbing sebagai salah satu kelurahan yang rutin mengikuti lomba dan sering meraih prestasi terbaik, “Alhamdillah baru-baru ini Kelurahan Belimbing meraih Juara 2 UP2K Tingkat Kota Bontang dan meraih Pakarti Madya I di Lomba Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) Tingkat Nasional yang telah diterima di Kota Padang Sumatera Barat.” Ungkap Ade.

Selain itu juga, kata Ade, saat ini Kami sedang berjuang di beberapa lomba kebersihan sekolah sehat melalui SD-01 YPK, SD Alam, SMPN 5 serta di Lomba Anugrah Kelurahan Sehat yang diwakili oleh RT. 31. Kami mohon do’a restunya, semoga di setiap lomba yang diikuti memperoleh hasil terbaik, bukan sekedar mengejar prestasi belaka tapi itu sebagai bukti nyata Kelurahan Belimbing telah melaksanakan apa yang dilombakan, Pungkas Ade.

Di tempat yang sama, Camat Bontang Barat, Marthen Minggu menuturkan bahwa Kelurahan Belimbing memiliki keunikan dan sering membuat bangga semua pihak atas prestasi yang telah ditorehkan.

“Saya back up penuh pak Lurah Belimbing, apa yang dilakukan selama untuk melayani warga masyarakat terkhusus Bimtek ini untuk meningkatkan pengetahuan ibu PKK dan Kader Posyandu tentang stunting,”  Imbuh Marthen.

Sementara itu, Walikota Bontang Neni Moerniaeni dalam sambutannya mengapresiasi Kelurahan Belimbing dalam upaya menekan kasus stunting diwilayah Kota Bontang, melalui Bimtek ini. Stunting adalah permasalahan yang saat ini dialami oleh anak-anak diwilayah indonesia dan beberapa negara yang sanitasinya kurang baik, Ujarnya.

Dijelaskan, Neni, Stunting adalah kondisi gagal tumbuh yang salah satu sebab pokoknya adalah kekurangan gizi akut. Persoalannya, anak Stunting atau kerdil rentan terhadap penyakit degeneratif dalam usia dini, tidak memiliki kecerdasan maksimal, serta berisiko besar menurunnya produktivitas.

Ada wilayah tertentu, tutur Ia, di Kota Bontang dengan angka stuntingnya cukup tinggi, seperti di daerah Bontang Lestari, sanitasi kurang baik merupakan salah satu penyebab faktor penyebab stunting yang terjadi diwilayah Kota Bontang.

“Bimtek ini sangat penting sebagai tambahan ilmu pengetahuan dan wawasan bagi Kader PKK dan Posyandu,” Kata Neni.

Neni pun, berharap dengan adanya Bimtek ini semoga kasus Stunting di Kota Taman bisa dicegah ataupun diturunkan, Pungkasnya.

 

NO COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here