Beranda Daerah Tiga Orang Warga Bontang Positif Covid-19

Tiga Orang Warga Bontang Positif Covid-19

385
0
Konferensi Pers yang diketuai oleh Kepala Dinas Kesehatan Bontang Bahauddin di Gedung PSC, Kamis 16/4/2020 (Foto: Istimewa)
Konferensi Pers yang diketuai oleh Kepala Dinas Kesehatan Bontang Bahauddin di Gedung PSC, Kamis 16/4/2020 (Foto: Istimewa)

Bontang – Paragrafnews.com: Perkembangan situasi Covid-19 di Bontang kembali menghebohkan warga. Setelah sebelumnya dua pasien dinyatakan negatif dan sembuh, kini terdapat 3 orang yang terkonfirmasi positif Covid-19 pada Kamis (16/4/2020) dari 4 orang yang dilakukan pemeriksaan swab, dan satu diantaranya negatif Covid-19.

Konferensi Pers yang diketuai oleh Kepala Dinas Kesehatan Bontang Bahauddin mengatakan tiga kasus terkonfirmasi positif disebut 02 BTG, 03 BTG, dan 04 BTG. Dua kasus merupakan laki-laki, dan satu kasus merupakan perempuan.

“Kasus 02 BTG status awal ditetapkan sebagai Orang Tanpa Gejala (OTG) pada 30 Maret 2020 dan diminta untuk melakukan karantina mandiri di rumah, mula 29 Maret sampai 14 April 2020,” jelas Bahauddin di PSC, Kamis (16/4/2020).

Kasus 02 BTG juga sudah pernah kontak erat dengan rekan kerja. Dilakukan pemeriksaan swab 4 April di RSUD Bontang, kemudian dilakukan rapid test di Puskesmas Bontang Selatan 1 dengan hasil negatif.

“Selama melaksanakan isolasi mandiri sejak kedatangan, tidak ada gejala seperti demam, batuk sesak yang bersangkutan menggunakan kamar terpisah, alat makan terpisah, menjaga jarak dengan anggota keluarga dirumah,” ujar Bahauddin.

Pada 16 April ini, lanjutnya, hasil swab dinyatakan positif, dan dilakukan pemeriksaan lanjutan dan dirawat di RSUD Taman Husada Bontang tanpa gejala. Pada hari ini dilakukan tracing erat kepada ibu, adik yang dirumah dan hasil negatif, enam atau 7 hari kedepan akan dilakukan rapid test kedua.

“Keluarga diminta untuk mengikuti instruksi protokol kesehatan yang sudah di tetapkan,” pintanya.

Sementara kasus 03 BTG, ditetapkan 29 maret 2020 status monitoring, diminta untuk isolasi mandiri. Ditetapkan menjadi OTG pada 4 April 2020 setelah diumumkannya kasus dinyatakan positif dan diminta isolasi mandiri.

“Yang bersangkutan merupakan klaster ijtimah goa pernah kontak dengan kasus goa jenis kelamin laki-laki,” terangnya.

Memiliki riwayat perjalanan goa menggunakan Kapal Egon, dari pelabuhan menggunakan mobil pribadi, datang dari rumah kontak dengan keluarga. 29 Maret petugas melakukan tracing dirumah dan diminta untuk isolasi mandiri, yang bersangkutan tetap melakukan ibadah di dekat rumah, tidak bekerja tapi tetap melakukan kegiatan seperti biasa. Setelah ditetapkan OTG dilakukan swab di RSUD dan tanggal 14 April dilakukan rapid tes di Puskesmas Bontang Selatan 1 dinyatakan positif.

“Tanggal 16 April kami menerima hasil swabnya dan dinyatakan positif, keadaan stabil dan tidak ada keluhan, setelah mendapatkan hasil positif kami mengarahkan ke RSUD untuk melakukan pemeriksaan lanjutan dan di tempatkan di ruang isolasi, dilakukan tracing ke keluarga dan hasil masih negatif. Keluarga disarankan untuk patuh dan melakukan isolasi mandiri dirumah,” bebernya.

Kasus 04 BTG, status awal ditetapkan mejadi kasus OTG, ditetapkan ODP 4 April 2010 setelah ditemukan batuk, keterangan umum klaster Gowa pernah kontak erat klaster positif goa di Balikpapan, jenis kelamin laki-laki.

(Kaje/Hrmn)

Artikel sebelumyaWali Kota Pimpin Radalok Triwulan I Tahun 2020
Artikel berikutnyaWarga Diminta Aktif Melaporkan Jika Pernah Kontak dengan Ketiga Pasien Positif

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here