Beranda Daerah Tunjang Dunia Pendidikan, Pemkot Bagikan Anyboard Gratis Bagi Sekolah Menengah Pertama

Tunjang Dunia Pendidikan, Pemkot Bagikan Anyboard Gratis Bagi Sekolah Menengah Pertama

0
Foto Walikota Bontang Neni Moerniaeni bersama Bapak-Ibu Guru. (Foto Humas Pemkot).

Bontang-Paragrafnews: Indonesia tengah menghadapi era revolusi industri 4.0 dengan tingkat persaingan yang dirasa semakin ketat. Dari sejumlah perubahan yang harus dilakukan, maka perbaikan SDM adalah salah satu hal yang harus sangat diperhatikan. Perbaikan tersebut dapat terlaksana salah satunya dengan cara mengubah metode pembelajaran dalam dunia pendidikan yang ada.

Menyadari hal tersebut Pemerintah Kota Bontang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud), membagikan 9 paket perangkat Anyboard gratis bagi 9 Sekolah Menengah Pertama Negeri diKota Taman. Kamis 21 November 2019, bertempat di Pendopo Rujab Walikota Bontang.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Bontang, Akhmad Suharto menyampaikan, hari ini Pemerintah Kota Bontang memberikan 9 paket perangkat Anyboard gratis bagi 9 Sekolah Menengah Pertama Negeri, untuk kebutuhan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), dan untuk diketahui bahwa penggunaan Perangkat ini baru Kota Bontang yang menggunakan di Wilayah Kaltim.

“Dalam 1 paket berjumlah 27 perangkat Anyboard yang akan diberikan. Sedangkan untuk satu perangkat Anyboard harganya berkisar Rp150 juta. Jadi diharapkan kedepan tidak ada lagi Sekolah Menengah Pertama yang memakai papan tulis tak terkecuali sekolah swasta,” paparnya.

Ditambahkan Akhmad Suharto, saat ini Pemerintah Kota Bontang melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan baru bisa memberikan bantuan bagi 9 sekolah menengah pertama untuk negeri saja. Kedepan pihaknya berjanji juga akan membagikan kebeberapa sekolah yang belum menerima bantuan perangkat tersebut.

“Ini kami bagikan ke 9 Sekolah dulu, kedepan jika dirasa efektif, tanggapan dan prosesnya bagus, tidak menutup kemungkinan kita akan mengadakan lagi,” harapnya.

Sementara itu Walikota Bontang, Neni Moerniaeni dalam sambutannya mengatakan, dalam menunjang proses pendidikan dan pembelajaran dikota bontang, Pemerintah tentu saja memiliki peran yang sangat penting dalam perubahan metode pembelajaran pendidikan yang ada saat ini, terutama di kota bontang. Fasilitas yang sesuai dengan kebutuhan anak-anak merupakan hal yang penting untuk disediakan oleh pemerintah. Salah satu caranya adalah dengan menyediakan teknologi yang mumpuni sesuai dengan visi-misinya yakni smart city.

Dengan menyediakan berbagai fasilitas yang sesuai kebutuhan dan tuntutan zaman, diharapkan para pelajar kota bontang dapat mengantongi bekal yang cukup dalam menghadapi berbagai tantangan di era revolusi industri 4.0 ini.

“Guna meningkatkan kualitas pendidikan, Pemerintah berencana akan membangun Sains, technologi, Engineering dan Mathematics House (Stem House) yang diharapkan dapat menunjang Smart City dan beberapa Program unggulan Pemerintah Kota Bontang,” tegasnya.

Diakhir Neni mengucapkan, terimakasih atas terlaksananya kegiatan ini, ia juga mengharapkan selain meningkatkan kompetensi bagi para pelajar, para bapak dan ibu guru juga diminta dapat meningkatkan kompetensi di masing-masing bidang dengan menerapkan implementasi kurikulum K-13.

Adapun untuk diketahui, Anyboard merupakan salah satu pengembangan Smart board produk “papan tulis pintar” yang khusus dikembangkan untuk kebutuhan pendidikan karena telah dilengkapi dengan konten dan aplikasi yang mendukung pembelajaran dikelas tanpa harus meninggalkan papan tulis. Cukup dengan menghubungkan kabel USB ke komputer atau laptop dan kabel VGA/HDMI ke proyektor, maka fitur dan konten dalam komputer atau laptop akan bisa dioperasikan di papan tulis pintar ini.

Dengan begitu, jika ingin menuliskan tambahan penjelasan akan mudah dilakukan. Demikian juga apabila ingin menghapus atau memindahkan antara poin yang satu dengan yang lainnya.

Teknologi yang digunakan dalam produk smart ini ada dua yakni Digital Vision Touch (DViT) dan Infra Red (IR). Kemudian didukung teknologi SilkTouch yang berfungsi merespons sentuhan jari di atas smart board. Kemudian Smart Ink yang memungkinkan pengguna menulis di atas aplikasi apapun dalam komputer.

Selanjutnya dikorelasikan dengan teknologi object awareness yang memungkinkan pengguna untuk menulis dengan pen stylus, menyentuh dengan jari, dan menghapus tulisan tanpa menyentuh tombol apapun.

Artikulli paraprakDewan Pesimis Pengerjaan Parit Dan Trotoar Rampung Sesuai Waktu yang Ditentukan
Artikulli tjetërRusli Menyayangkan Ketua RT 13 Tidak Melibatkan Pemilik Lahan Dalam Pelebaran Jalan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini