Beranda Daerah Viral Odading Mang Oleh, Penjual Odading di Bontang Ikut Kewalahan Layanin Pembeli

Viral Odading Mang Oleh, Penjual Odading di Bontang Ikut Kewalahan Layanin Pembeli

415
0
Warung roti goreng dan cakwe Mas Yudi di Jl. Ayam Wuruk Berbas Tengah Bontang Selatan (Istimewa)

Bontang – Paragrafnews.com: Viralnya review odading Mang Oleh dengan gaya ngegasnya Ade Londok beberapa minggu lalu, cukup dirasakan oleh penjual kue odading di Kota Bontang.

Jajanan kue roti goreng dengan sebutan odading bagi warga Jawa Barat ini hampir kita temui di setiap kota. Salah satu penjual kue odading yang ada di Kota Taman ini mengaku cukup dirasa ramai setelah viralnya odading Mang Oleh.

Pantauan awak media kami, saat berada di salah satu warung penjual roti goreng dan cakwe di Jl. Ayam Wuruk Berbas Tengah Bontang Selatan. Meskipun antrian tak sepanjang odading Mang Oleh, namun pembeli mulai berdatangan antri untuk membeli kue odading disaat warung baru saja buka.

Kue roti goreng dan cakwe Yudi (Istimewa)

“Ya akhir-akhir ini cukup kewalahan pembeli mulai antri meskipun saya baru buka dan masih mengolah adonan,” ujar Yudi Setiawan (39) pemilik warung, Sabtu (3/10/2020).

“Buka mulai pukul empat sore dan antrian ini biasanya sampai menjelang magrib,” sambung Yudi ke media ini.

Yudi, pria asal Malang ini mengaku akhir – akhir ini jualannya cepat habis. “Sebelum jam 8 malam udah habis dengan adonan 30kg,” kata Yudi.

Dibantu istri dan satu orang rekannya Yudi sudah tiga belas tahun menggeluti profesi ini, demi menjaga kualitas cita rasa odading dan cakwe salah satunya selalu mengganti minyak goreng dengan yang baru.

Proses menggoreng menjaga cita rasa kue odading dan cakwe Yudi selalu mengganti minyak goreng dengan yang baru (Istimewa)

“Ya saya selalu mengganti minyak goreng dengan yang baru, kalau pun terlihat hitam ya itu dari adonan kue saat proses menggoreng,” ucap Yudi.

Dengan harga yang sangat terjangkau yakni Rp5000 tiga biji masyarakat Bontang bisa menikmati kue odading dan cakwe ini.

Lia, salah satu pembeli mengaku sudah lama jadi pelanggannya odading Yudi. “Saya sudah lama jadi pelanggan dan suka beli disini, rasanya enak manis gurih,” ungkap Lia.

Sekilas Kue Odading (Roti Goreng)

Dikenal sebagai jajanan tradisional khas Bandung, Jawa Barat, odading merupakan adonan roti yang digoreng. Tak heran ada juga yang menyebut odading dengan sebutan roti goreng.

Biasanya, odading dijual berbarengan dengan jajanan cakwe karena dianggap mirip. Bedanya, cakwe memiliki rasa yang asin sedangkan odading memiliki rasa yang manis dengan tekstur yang empuk. Adonan odading juga berbeda dengan adonan cakwe.

Oleh: Redaksi Paragrafnews.com

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here