Beranda Diskominfo Kota Bontang Wali Kota Bontang Konferensi Video Bersama Mendagri

Wali Kota Bontang Konferensi Video Bersama Mendagri

Rakor Covid-19, Jamin Akuntabilitas Pelaksanaan Anggaran

378
0
Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni yang didampingi Sekda Bontang dan beberapa Kepala OPD terkait turut mengikuti konferensi video di Command Center, Rabu 8/4/2020 (Foto: Istimewa)

BONTANG – Paragrafnews.com: Guna mamastikan program percepatan penanganan Covid-19 terlaksana di daerah, Kementerian Dalam Negeri yang dipimpin langsung Mendagri Tito Karnavian melakukan konferensi video bersama kepala daerah di seluruh Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni yang didampingi Sekda Bontang dan beberapa Kepala OPD terkait turut mengikuti konferensi video di Command Center, Rabu (8/4/2020).

Tito Karnavian mengatakan, bahwa pelaksanaan rapat koordinasi via telekonferensi ini sebagai upaya untuk menjamin akuntabilitas pelaksanaan anggaran dan pengadaan barang jasa di daerah dalam pencegahan penyebaran serta percepatan penanganan Covid-19.

Dalam rapat secara daring yang diikuti pula oleh Ketua KPK, Ketua BPK RI, Kepala BPKP, Kepala LKPP ini juga membahas langkah-langkah antisipasi, akuntabilitas pelaksanaan anggaran, dan pengadaan barang jasa di daerah dalam pencegahan penyebaran Covid-19.

Kata Tito, KPK ikut mendorong Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di tingkat nasional maupun daerah untuk memastikan pengadaan barang jasa Covid-19 dilakukan secara efektif, transparan dan akuntabel. Dirinya juga berharap agar tetap berpegang pada konsep harga terbaik.

“Mengingat saat ini salah satu kegiatan penting adalah pengadaan barang dan jasa dalam penanganan covid-19, seperti pengadaan alat pelindung diri (APD), maka KPK dalam upaya pencegahan korupsi, monitoring dan koordinasi membantu Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 di tingkat nasional dan daerah terkait dengan pencegahan korupsi,” ujarnya.

Sementara Ketua KPK Firli Bahuri menambahkan, KPK juga telah menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor 8 Tahun 2020 tentang Penggunaan Anggaran Pelaksanaan Pengadaan Barang dan Jasa dalam Rangka Percepatan Penanganan Covid-19. Menurut dia, SE tersebut ditujukan kepada Gugus Tugas di tingkat pusat dan daerah untuk memandu pengadaan barang dan jasa.

Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni usai pelaksanaan konferensi video mengatakan, Pemkot Bontang pada prinsipnya siap mengikuti arahan pusat berkenaan dengan menjamin akuntabilitas pelaksanaan anggaran dan pengadaan barang jasa serta percepatan penanganan Covid-19 ini.

Namun demikian berbagai upaya juga dimaksimalkan Pemkot dalam mendukung percepatan penanganan wabah virus corona ini. Mulai dari upaya pencegahan secara mandiri yang terus digalakkan, PHBS, dan gerakan penggunaan masker.

“Jadi masyarakat juga diimbau untuk tidak berkerumun, menghindari keramaian, menerapkan social dan physical distancing, mari lebih disiplin ikuti arahan pemerintah guna bersama memutus penyebaran virus corona ini,” tukasnya.

(Kaje/hrmn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here