Ilustrasi Suasana di bandara shanghai China terlihat warga mengenakan masker antisipasi virus corona (Foto: Source)

Jakarta – Paragrafnews.com: Virus Corona yang berasal dari kota Wuhan China, membuat dunia gusar. Banyak negara yang tidak mau terima kedatangan turis China. Pariwisata sudah kena dampak besar.

Selain Pemerintah Indonesia (RI), dunia ramai-ramai menolak turis asal China.



Larangan ini menyusul virus corona yang telah menyebar ke beberapa negara. Demi mencegah penyebaran virus yang telah menewaskan ratusan orang itu, langkah memblokir turis China pun diambil.

Berikut negara-negara yang melarang turis asal China mengunjungi negaranya:

1. Indonesia

Pemerintah Indonesia menghentikan sementara kebijakan bebas visa untuk warga negara China. Kebijakan itu berlaku bagi WN China yang bertempat tinggal di China.

“Kebijakan pemberian bebas visa kunjungan dan visa on arrival untuk warga negara RRT yang bertempat tinggal di Mainland China (China daratan, red) untuk sementara dihentikan,” kata Menlu Retno LP Marsudi usai rapat terbatas bersama Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Minggu (2/2/2020).

Retno juga mengatakan semua pendatang yang tiba dari China tidak diizinkan masuk ke Indonesia. Hal itu, kata dia, juga berlaku bagi warga yang berada di China selama 14 hari.

“Semua pendatang yang tiba dari Mainland China dan sudah berada di sana, selama 14 hari untuk sementara tidak diizinkan masuk dan melakukan transit di Indonesia,” ujarnya.

2. Malaysia

Malaysia memberlakukan larangan ini beberapa waktu lalu. Pemerintah Malaysia menghentikan sementara pemberian visa bagi warga negara China yang berasal dari Wuhan. Kebijakan itu menyusul adanya sejumlah turis asal Wuhan yang masuk ke Malaysia untuk liburan via negara tetangga, Singapura, yang terjangkit virus mematikan itu.

Lalu, pada 28 Januari 2020, 14 turis asal Wuhan, Hubei, China, dipulangkan setiba di Bandara Internasional Kuala Lumpur pada Selasa (28/1) lalu. Mereka dilarang masuk setelah Departemen Imigrasi Malaysia mengetahui bahwa mereka berasal dari Wuhan, yang menjadi tempat asal wabah virus Corona.

“Saya telah diberi tahu bahwa pada Selasa (28 Januari), 14 penumpang dari Wuhan mendarat di Bandara Internasional Kuala Lumpur. Mereka kemudian dilarang masuk dan telah dipulangkan,” kata Menteri Dalam Negeri Malaysia Muhyiddin Yassin dalam konferensi pers hari ini seperti dilansir media Malaysia, The Star, Kamis (30/1/2020).

3. Rusia

Rusia juga menghentikan sementara penerbitan visa bagi warga China. Kebijakan itu diberlakukan dalam upaya menahan laju penyebaran virus corona, yang berjangkit di China pasca melaporkan kasus pertama virus tersebut pada Jumat (31/1).

Sebagaimana dikutip dari Antara, Minggu (2/2/2010), otoritas bilateral menyangkut pembebasan visa bagi kelompok-kelompok perjalanan wisata, yang disetujui pada tahun 2000, membekukan sementara fasilitas tersebut mulai 2 Februari.

Rusia juga untuk sementara tidak akan menerima atau mengeluarkan visa kerja bagi warga negara China.

4. Singapura

Negara berikutnya Singapura. Mereka akan menutup akses bagi pengunjung yang berasal dari daratan China, termasuk orang asing yang berada di sana selama 14 hari terakhir.

Pembatasan hanya dilakukan terhadap mereka yang memiliki catatan ke Provinsi Hubei, China, tempat awal merebaknya virus corona. Penangguhan visa akan diberlakukan segera oleh Singapura.

Pemerintah Singapura belum menetapkan sampai kapan aturan ini akan diberlakukan. Sementara itu, warga China yang sudah berada di Singapura dan berencana memperpanjang keberadaannya di negara tersebut akan dievaluasi kembali.

5. Selandia Baru

Pemerintah Selandia Baru mengumumkan akan melarang masuk siapa pun dengan kewarganegaraan apa pun yang berangkat dari wilayah China masuk ke negaranya. Larangan tersebut berlaku mulai Senin (3/2) besok dan efektif untuk jangka waktu 14 hari dengan peninjauan setiap 48 jam, bagi semua pengunjung asing yang berangkat dari China ataupun hanya transit di sana.

Pemberlakuan larangan ini bersamaan dengan adanya imbauan perjalanan dari Kementerian Luar Negeri dan Perdagangan Selandia Baru untuk warga mereka, dalam tingkatan paling tinggi, yakni agar tidak pergi ke China.

“Kami telah diimbau oleh petugas kesehatan untuk mengambil langkah pendekatan pencegahan, sementara masih ada keraguan tentang bagaimana cara virus Corona ditularkan,” kata Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern dalam pernyataan tertulis sebagaimana dikutip dari Antara, Minggu (2/2/2020).

6. Australia

Pemerintah Australia juga akan melarang masuk semua warga asing yang tiba dari China daratan. Perdana Menteri Australia, Scott Morrison mengatakan bahwa hanya “warga negara Australia, penduduk Australia, tanggungan, wali hukum atau pasangannya” saja yang diizinkan masuk ke negeri itu dari China daratan. Aturan ini berlaku mulai hari Sabtu (1/2) ini.

“Pengaturan sedang dilakukan melalui otoritas perbatasan kita untuk memastikan bahwa itu dapat ditindaklanjuti,” kata Morrison seperti dilansir kantor berita AFP, Sabtu (1/2/2020).

Morrison mengatakan, dalam waktu 24 jam mendatang, otoritas perbatasan akan bisa meningkatkan proses untuk memeriksa siapa yang telah berangkat atau transit lewat China.

7. Korea Utara

Korea Utara juga melarang turis China untuk datang ke negara tersebut sementara waktu. Kebijakan ini diberlakukan sebagai bentuk perlindungan diri terhadap penyebaran virus corona ke Korea Utara. Sebuah agensi wisata yang kerap membawa wisatawan China mengungkapkan, semua perjalanan ke Korea Utara yang datang melalui Tiongkok dilarang.

8. Kazakhstan

Negara yang berbatasan langsung dengan China ini juga menangguhkan penerbitan visa untuk turis asal China. Kazakhstan juga melarang semua bentuk perjalanan dari dan ke China.

(Kaje/Im)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here