Beranda Nasional Pemerintah RI Tetapkan 1 Ramadhan 1443 H Jatuh Pada Hari Minggu 3...

Pemerintah RI Tetapkan 1 Ramadhan 1443 H Jatuh Pada Hari Minggu 3 April 2022

0

Bontang, Paragrafnews.com: Melalui Kementerian Agama (Kemenag) pemerintah Republik Indonesia (RI) mengumumkan secara resmi menetapkan puasa 2022 atau 1 Ramadan 1443 H jatuh pada hari Minggu, 3 April 2022.

Penetapan jadwal puasa Ramadhan tersebut disampaikan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas saat telekonferensi pers penetapan 1 Ramadhan 1443 H di YouTube Kemenag RI.

“Ketinggian hilal diseluruh wilayah Indonesia 1° 6,78 menit – 2° 10,02 menit. Ini merupakan posisi hilal yang berdasarkan hisab. Suatu metode atau cara untuk mengetahui posisi ketinggian hilal,” jelas Menag Yaqut usai melaksanakan Sidang Isbat.

Berdasarkan pantauan hilal di 101 titik, Yaqut menjelaskan tidak ada satu pun yang melihat hilal. Dengan begitu, 1 Ramadhan 1443 H ditetapkan jatuh pada Minggu, 3 April 2022.

Menag Yaqut menjelaskan sidang isbat penentuan 1 Ramadhan 1443 H melibatkan berbagai lembaga.

Menurutnya, sidang isbat yang dilaksanakan oleh Kemenag menggunakan 2 metode.

Metode pertama adalah metode hisab, ini adalah metode yang dilakukan dengan cara perhitungan. Sedangkan metode kedua yaitu Ruqyat, dengan cara melihat langsung keberadaan hilal.

“Dua metode ini bukan dua metode yang dipertentangkan atau dihadapkan. Kedua metode ini justru saling melengkapi satu sama lain, karena keduanya sama pentingnya,” terang Menag Yaqut.

“Secara mufakat, bahwa 1 Ramadhan 1443 H jatuh pada hari Minggu, 3 April 2022. Ini merupakan hasil sidang isbat yang telah kita sepakati bersama,” kata Yaqut. (***)

sumber: kabartegal

Artikulli paraprakKKB Makin Brutal Bunuh Babinsa dan Istrinya, Jendral Dudung : Kejar Pelaku Sampai Ketemu
Artikulli tjetërMasjid Hagia Sophia Turki Gelar Sholat Tarawih Pertama Setelah 88 Tahun Menjadi Museum

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini