Beranda Internasional Tiga Warga Palestina Tewas oleh Pasukan Israel dalam Serangan di Jenin

Tiga Warga Palestina Tewas oleh Pasukan Israel dalam Serangan di Jenin

Sepuluh lainnya terluka dalam serangan mematikan terbaru Israel di Tepi Barat yang diduduki

0
Pasukan Israel mengepung sebuah mobil di Jenin dan menembak empat pria yang duduk di dalamnya [M Torokman/Reuters]

Kementerian kesehatan Palestina melaporkan, tiga warga Palestina tewas dan 10 lainnya terluka saat pasukan Israel menyerbu Jenin di Tepi Barat yang diduduki.

Sekira 30 kendaraan militer Israel menyerbu Jenin pada, Jumat 17 Juni 2022 dini hari waktu setempat dan mengepung sebuah mobil di daerah Al-Marah di timur kota, mereka menembaki ke empat pria yang duduk di dalamnya. Tiga di antaranya tewas dan empat lainnya luka parah, mengutip Aljazeera.

Kantor berita Palestina Wafa menyebut tiga warga Palestina yang tewas tersebut ialah, Baraa Lahlouh (24), Yusuf Salah (23) dan Laith Abu Suroor (24).

Tentara Israel mengatakan dalam sebuah pesan singkat dalam bahasa Ibrani bahwa, mereka sedang melakukan operasi untuk menemukan senjata dari dua lokasi yang berbeda, dan bahwa mereka telah ditembaki.

“Tembakan diidentifikasi terhadap tentara yang menggagalkan rencana teroris untuk menargetkan mereka,” kata tentara Israel.

Kata tentara Israel, bahwa mereka menemukan senjata, diantaranya dua senapan serbu M-16 dan peluru di tempat kejadian.

Menurut penduduk di Jenin, mereka menduga orang Israel bermaksud untuk menghancurkan rumah Raed Hazem, yang melakukan serangan penembakan di Tel Aviv pada 7 April yang menewaskan tiga orang Israel sebelum dia ditembak mati.

Menurut laporan, tentara Israel telah meningkatkan serangan di sekitar kamp Jenin yang diduduki, dalam upaya untuk menindak perlawanan bersenjata Palestina yang berkembang di sana.

Ketakutan merajalela akan kemungkinan invasi Israel skala besar ke kamp tersebut, di mana sayap bersenjata gerakan Jihad Islam Palestina dan Fatah kembali aktif.

Menurut kementerian kesehatan Palestina, lebih dari 60 warga Palestina telah dibunuh oleh pasukan Israel tahun ini, dalam serangan pasukan Israel.

Serangkaian serangan Palestina sejak Maret juga telah menewaskan 19 orang di Israel.

Sebelumnya, Wartawan Shireen Abu Akleh, seorang reporter TV terkemuka Al Jazeera, dibunuh oleh pasukan Israel bulan lalu di Jenin ketika dia sedang meliput operasi tentara Israel.

Investigasi Palestina mengatakan reporter – yang mengenakan rompi anti peluru dengan tulisan “press”.

Israel telah mundur dari sangkaan awal bahwa Abu Akleh bisa saja dibunuh oleh seorang pria bersenjata Palestina, tetapi sekarang mengatakan tidak akan melanjutkan penyelidikan kriminal.

red/kaje
IKUTI BERITA LAINNYA DI  GOOGLE NEWS

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini