Dok. Foto By Jeje

Bontang-Paragrafnews: Kemunculan fenomena matahari bercincin pelangi di atas langit Kota Taman, pada Kamis (2/4/2020) siang ini. Ramai-ramai dibadikan masyarakat melalui handphone seluler mereka.

Uniknya! tak sedikit dari mereka membuat caption di beberapa media sosial mereka masing-masing, dengan harapan agar wabah covid-19 dapat musnah dan segera berlalu, dengan kemunculan fenomena matahari bercincin pelangi tersebut.

Adapun untuk diketahui, dikutip dari laman wikipedia bahwa fenomena matahari bercincin pelangi ini biasa disebut dengan ‘halo’.

Yakni! fenomena optis berupa lingkaran cahaya di sekitar matahari dan bulan, dan kadang-kadang pada sumber cahaya lain seperti lampu penerangan jalan.

Ada berbagai macam fenomena halo, namun umumnya halo muncul disebabkan oleh kristal es pada awan cirrus yang dingin yang berada 5–10 km atau 3–6 mil di lapisan atas troposfer. Fenomena ini bergantung pada bentuk dan arah kristal es.

Cahaya matahari direfleksikan dan dibiaskan oleh permukaan es yang berbentuk batang atau prisma sehingga sinar matahari menjadi terpecah ke dalam beberapa warna karena efek dispersi udara dan dipantulkan ke arah tertentu, sama seperti pada pelangi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here