Beranda Daerah Pelaksanaan Idul Fitri 1441 H Jatuh pada Minggu 24 Mei 2020: Bontang...

Pelaksanaan Idul Fitri 1441 H Jatuh pada Minggu 24 Mei 2020: Bontang Ikuti Pusat!

0
Kasi Bimas Islam Kemenag Bontang, Ali Mustofa.

Bontang- Paragrafnews: Tak terasa Ramadhan telah berada di penghujung bulan. Perayaaan Hari Raya Idul Fitri pun telah di depan mata.

Setelah momentum penting untuk menentukan kapan jatuhnya hari raya Idul Fitri atau Lebaran ditahun 2020.

Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama (Kemenag), dihadiri MUI hingga Komisi VIII DPR melalui Sidang isbat yang digelar secara terbatas serta dengan protokol kesehatan Covid 19 yang berlangsung di Gedung Kementerian Agama, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Jumat (22/5/2020).

Diputuskan bahwa, 1 Syawal 1441 Hijriah atau Idul Fitri jatuh pada hari Ahad atau Minggu, 24 Mei 2020.

Menanggapi itu, Kasi Bimas Islam Kemenag Bontang Ali Mustofa menuturkan, Pemerintah Kota Bontang akan mengikuti keputusan dari Kemenag Republik Indonesia (RI).

“Untuk perayaan Idul Fitri, Kemenag Bontang mengikuti keputusan dari pusat. InsyaAllah tahun ini masyarakat Bontang lebaran pada hari Ahad atau Minggu, 24 Mei 2020,” Tuturnya dikonfirmasi media ini, Jumat (24/5/2020, melalui pesan whatsap.

Diakhir Ali Mustofa menghimbau masyarakat maupun pemerintah Bontang untuk tidak mengadakan takbir keliling maupun Open house.

“Hal ini sudah diingatkan gubernur Kaltim bahwa masyarakat maupun pemerintah diminta untuk tidak melakukan takbir keliling dan sholat id dilakukan dirumah masing-masing,” Imbaunya.

Untuk diketahui, Rangkaian sidang isbat diawali dengan pemaparan posisi hilal awal Syawal 1441 H oleh anggota Falakiyah Kemenag, Cecep Nurwendaya.

Dilaporkan, tidak ada referensi empirik visibilitas (ketampakan) hilal awal Syawal 1441 H bisa teramati di seluruh wilayah Indonesia pada hari ini. Tim Falakiyah Kemenag diketahui melakukan pemantauan hilal di 80 titik di seluruh Indonesia.

Dipaparkan bahwa Semua wilayah Indonesia memiliki ketinggian hilal negatif antara minus 5,29 sampai dengan minus 3,96 derajat. Hilal terbenam terlebih dahulu dibanding matahari.

Selanjutnya penetapan awal bulan hijriah didasarkan pada hisab dan rukyat. Proses hisab sudah ada dan dilakukan oleh hampir semua ormas Islam.

Maka dari referensi yang ada, dikatakan tidak ada referensi apapun bahwa hilal Syawal 1441H jatuh pada Jumat, ini teramati di seluruh Indonesia.

Olehnya, Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama (Kemenag), dihadiri MUI hingga Komisi VIII DPR memtuskan secara mufakat 1 Syawal 1441 Hijriah atau Idul Fitri jatuh pada hari Ahad atau Minggu, 24 Mei 2020.

Artikulli paraprakRatusan Tenaga Medis Honorer Dipecat, Bupati Ogan Ilir Ilyas Panji Alam Angkat Bicara
Artikulli tjetërTidak Bisa Bertemu Langsung di Open House Saat Lebaran, Walikota Sapa Warga Live di Medsos

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini