Beranda Daerah Kaget Beberapa Warganya Terpapar Covid-19, Ini yang Dilakukan Lurah Belimbing

Kaget Beberapa Warganya Terpapar Covid-19, Ini yang Dilakukan Lurah Belimbing

0
Lurah Belimbing Ade Darmawan saat memantau jalannya rapid tes di Jl. Menjangan BTN PKT, Senin 10/8/2020 (Foto: Istimewa)

Bontang – Paragrafnews.com: Kelurahan Belimbing, Kecamatan Bontang Barat bersama Tim Gugus penanganan Covid-19 dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bontang dan Puskesmas Bontang Barat, segera merespon cepat dalam penanganan penyebaran Covid-19. Pasalnya 6 warganya terpapar Covid-19.

6 orang yang terpapar yakni meliputi beberapa RT di kawasan perumahan BTN Belimbing, rapid test masal pun segera digelar di dua titik yakni, Jl. Menjangan dan Jl. Manggis, Senin (10/8/2020) pagi tadi.

Juru Bicara Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid 19 Kota Bontang Adi Permana bersama Lurah Belimbing Ade Darmawan saat memantau jalannya rapid tes di Jl. Menjangan BTN PKT, Senin 10/8/2020 (Foto: Istimewa)

Juru Bicara Tim Gugus Percepatan Penanganan Covid 19 Kota Bontang Adi Permana mengatakan, pihaknya hari ini melakukan tracing di wilayah Perumahan BTN PKT dengan melakukan rapid test kepada warga yang kontak erat dengan pasien positif Covid-19.

“Hari ini kita tracingnya disini dulu, besok kita ketempat mana saja yang pernah disinggahi dan tempat dia makan. Nanti kita periksa semua,” ujarnya kepada Paragrafnews.com.

Kata dia, nantinya walaupun hasil rapid testnya non reaktif, pihaknya akan melakukan kembali swab test PCR untuk memastikan warga yang pernah kontak erat dengan pasien positif covid-19 tidak terjangkit.

Babinsa Kelurahan Belimbing, Sertu Maliki pantau jalannya rapid tes (Foto: Istimewa)

“Nanti akan kita swab semua,” terangnya.

Ditempat yang sama Lurah Belimbing, Ade Darmawan, mengaku ia sangat terkejut ketika mendapati informasi sekitar minggu lalu secara lisan dan melalui WhatsApp, bahwa ada beberapa warga yang terpapar covid-19, ungkap Ade Darmawan.

“Padahal kami sudah gencar bahkan secara rutin melakukan sosialisasi secara langsung di lapangan maupun melalui group WhatsApp Ketua RT dan lainnya,” terangnya.

Tidak hanya itu, sambung Ade Darmawan, aksi penyemprotan rutin terhadap fasilitas umum pun, meliputi rumah ibadah, pasar gajah, pujasera effendi, balai pertemuan umum dan lingkungan RT berkolaborasi dengan Karang Taruna Kelurahan Belimbing.

Pelaksanaan rapid test di Jl. Menjangan, Senin 10/8/2020 (Foto: Istimewa)

Hal ini tidak lantas kami berdiam diri dan menyesali keadaan, tapi kami langsung berkomunikasi dengan berbagai pihak terkait, dengan mitra kelurahan terlibat didalamnya, Kata Ade Darmawan.

Beberapa langkah diantaranya penyemprotan rumah ibadah, lingkungan RT, dan Alhamdulillah berkat komunikasi yang baik akhirnya tim turun langsung melakukan rapid test sebanyak 100 orang. “Insya Allah besok akan dilanjut semoga dengan jumlah lebih banyak lagi,” Ujar Ade Darmawan.

Ade Darmawan berharap dalam waktu dekat lingkungan BTN dapat disemprot menggunakan mobil dari Dinas Kesehatan supaya lebih meminimalisir penyebaran covid-19.

Pada kesempatan ini Lurah Belimbing, Ade Darmawan menghimbau:

1. Mari kita sikapi dengan baik untuk selalu menjaga kesehatan, ketenangan dan kenyamanan dan ketertiban lingkungan masing-masing

2. Patuhi protokol kesehatan, diantaranya :
a. Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir
b. Pakai masker
c. Jaga jarak minimal 1 mtr
d. Minimalisasi dalam keramaian
e. Minimalisasi keluar rumah, jika tidak penting

3. Stop menyebarkan informasi terkait kasus ini terutama tidak perlu mencari tahu siapa yang terpapar karena sedang ditangani tim, juga hal ini bukan aib tapi harus segera ditangani dengaan benar oleh tim medis supaya tidak menularkan dan yang terpapar sehat kembali.

Sebagai infomasi tambahan juga, pelaksanaan rapid tes dilokasi dimaksud bukan berarti lokasi tersebut terpapar, hanya untuk memudahkan akses sentral dari beberapa RT. Begitupun dengan penutupan masjid Al Furqon dan Mushola Al Ikhlas bukan berarti terpapar disitu, karena takmirnya sudah taat protokol kesehatan, pengecekan suhu setiap sholat rutin, penyemprotan rutin, himbauan rutin dan lainnya, yang terpapar pun kebanyakan yang OTG.

Mari kita lakukan yang terbaik untuk diri sendiri, warga dan lingkungan kita. Semoga kita semua diberi kekuatan, kesehatan terhindar dari semua penyakit khususnya covid-19. Aamiin, Pungkasnya. (Kaje/Hrmn).

Artikulli paraprakResmi Terima SK, PPP Siap Menangkan Neni-Joni
Artikulli tjetërVonis Bersalah Diananta, Hari Kelam Kebebasan Pers

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini